SSM Jadi Pemateri Bimtek Sangadi Bersama Akademisi IPDN

  • Feb 21, 2023
  • Admin Desa Sumber Rejo

 
SSM Jadi Pemateri Bimtek Sangadi Bersama Akademisi IPDN , Tegaskan Empat Hal Dalam Pengelolaan Pemd
 
 21 Feb 2023 

 Sudah kesekian kalinya Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, (SSM), memberikan materi dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi. Jika sebelumnya telah memberikan materi kepada Ketua dan anggota Badan Perwakilan Masyarakat (BPD) dan perangkat Desa, bahkan pembekalan kepada Panwas dan PPK se-Boltim beberapa waktu lalu. Kali ini, SSM memberikan materi kepada Pjs Sangadi se-Boltim dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pusbangda) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Hotel Best Western, Jakarta, Senin 20/02/2022.

 

Menariknya, SSM memberikan materi bersama beberapa pemateri yang berasal kalangan praktisi dan akademisi IPDN, salah satunya ketua Program Studi Program Doktoral IPDN, DR. H. Mansyur Ahmad KM, M.Si, dan Direktur Program Doktoral  IPDN.

 

Dalam penyampaian materi Bimtek Manajemen Pemerintahan, Bupati menegaskan empat hal agar program Pemerintah Desa menjadi terbaik sehingga ada manfaatnya dan langsung dirasakan masyarakat. "Yang harus dilakukan oleh kepala desa, yakni pertama perencanaan  harus matang, pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, harus mengetahui penatausahaan administratrsi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi. Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa selanjutnya," ujarnya.

 

 

Bupati juga menyampaikan bahwa, kemampuan kepala desa harus tetap ditingkatkan dengan kegiatan peningkatan kompetensi, "Jika pikiran tidak di asa termasuk dalam belajar, maka akan pikun lebih cepat. Pikiran kita harus terus di asa dengan mencari ilmu pengetahuan," terang Bupati yang juga mantan ketua DPRD Boltim dan juga ketua KPU Bolmong Ini.

 

Pada akhir materi, Bupati selanjutnya memberi motivasi bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dibiayai oleh negara. Maka gunakan pelaksanaan Bimtek dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu." Kita tidak selalu dibiayai negara untuk mendapatkan ilmu, jadi manfaatkan pembelajaran saat ini dari pemateri yang sangat berkompeten, untuk menambah pengetahuan lebih banyak." Pungkas Bupati sekaligus membuka kegiatan Bimtek. (*)